Senin, 01 September 2014

Modifikasi Honda CB Twin (Banjarnegara): Chopper Tradisional, Khusus Kontes



Namanya chopper memang sudah tradisi. Singkatan chop kan dari dulu artinya pertukangan potong memotong rangka. Macam Honda CB 125 Twin ini, rangkanya sudah chop. Ya itu beda dengan disop. Ini nggak ada kuahnya bro, besi semua.

Bila sudah ada kata chopper, berarti sudah jadi bentuk motor setelah disop, eh dichop. Macam builder asal Banjarnegara, Jateng yang namanya Herri Tatto yang memotong Honda Twin bikin cantik. Ia punggawa Independent Paint yang katanya karyanya sekelas internasional. 

“Ini gabungan modifikasi gaya chopper yang menginspirasi aliran Hod Rod. Makanya saya menyebutnya tradisional chopper,” beber Herri Tatto yang badannya macam koran, banyak tulisan di mana-mana. Ah itu bukan koran bro, tapi tatto sesuai namanya.

Wah lucu juga. Mungkin maksudnya gayanya Modifikasi Hod Rod aliran si Tatto. Disebut begitu, karena si Tatto yang menchop ini motor. Itu karyanya. Jangan main-main, karya tersebut pernah juara The Best Bra Style waktu Honda Auto Kontes di Jogja. 

Padahal kebanyakan nih onderdil motor diambil dari barang rongsokan. Mesin misalnya, dibangun dari nol dengan mengais-ngais limbah-limbah bekas di loakan. Dulunya katanya, mesin yang sudah koit itu dibeli Rp 1.6 juta “Rangka juga begitu, saya rangkai dari pipa-pipa yang tidak terpakai,” jelas Tatto yang beralamat di Jl.Raya Rejasa km 1, Banjarnegara. 



Sisi british-nya ya jelas saja dari setang yang tinggi dan pasti ketek berbulu sipengendara akan tertiup sopoi-sopoi. Setang custom ini satu paket dengan setiga atas. Segitganya menjepit suspensi depan teleskopik yang mengilap itu. Itu juga masih satu paket dengan pelek depan lingkarannya 19 inci yang jari-jarinya model twis. Nyetrik oiiii...

Sama uniknya dengan dengan perseneling dari alat pertisida yang dicustom. Waktu ganti gigi persenelingnya di tangan. Makin nyentrik dengan pelek belakang mobil Katana yang dilingkari ban Good Year. “Ya sudah tinggal penampilan cat seluruh bodi full gliter custom,” cerocos builder yang suka dengan gaya nyentrik
Lebih khas tangki dibuat kecil namun berotot. Dengan gambar sisi kanan angel eyes yang berarti kebaikkan. Tangki sisi kiri gambarnya red devil yaitu keburukan. Artinya motor ini punya dua wajah seperti manusia yang punya sisi baik dan buruk, tapi sisi baik lah yang harus dijalani. Bukan begitu bro?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar